1st  Class Blogger Semut : Dasar-Dasar Menjadi Blogger

first

Tulisan ini berisi tentang keseruan kelas pertama di Komunitas Blogger Semut (9/01). Sebelum membahas first class, bagi yang belum tahu, saya akan membahas sedikit komunitas ini. Komunitas Blogger Semut adalah komunitas blogger online yang aktifitasnya dipusatkan pada grup facebook tertutup dengan nama Komunitas Blogger Semut. Sebuah komunitas yang digagas sebagai tempat bagi blogger untuk belajar bersama, berbagi pengalaman, dan saling membantu  terkait dunia blog.

Sebagai orang yang belum lama terjun dalam dunia blog, saya antusias sekali menanntikan kelas pertama di komunitas ini. Sayangnya, saat hari-H tiba-tiba badan saya harus jatuh sakit dan melewati momen berharga. Tapi kabar baiknya, kelas ini adalah kelas online. Meski tidak bisa mengikuti pada waktu yang sudah ditentukan, saya bisa mengejar materi dengan membaca-baca sendiri materi yang disajikan. Pun bisa melihat diskusi yang heboh diperbincangkan. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi fokus bahasan kelas pertama :

Langkah Menjadi Blogger

Jika ingin menjadi mahasiswa yang harus kita lakukan adalah mendaftar. Tapi, sebelumnya kita harus merencanakan dan memilih berbagai hal seperti di mana kita kuliah, jurusan apa, dan lain sebagainya agar kita bisa mencapai apa yang benar-benar kita inginkan inginkan. Pun juga, untuk menjadi seorang blogger pastinya kita harus mendaftar untuk memiliki blog. Tapi sebelum mendaftar, harus pula ada perencanaan terlebih dahulu. Tujuannya, agar kita bisa menjadi seorang blogger yang benar-benar kita inginkan. Bukan sekedar ikut sana-sini tanpa tahu mau dibawa ke mana blog kita nantinya.

Nah,  sebelum memulai membuat blog. Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan di antaranya :aksi1. Menentukan Tujuan Pembuatan Blog

Penentuan tujuan pembuatan blog adalah hal yang harus benar-benar diperhatikan. Karena tujuan inilah yang akan mencerminkan seperti apa blog yang kita buat. Dari tujuan ini kita bisa menurunkan nama domain, maupun topik pembahasan. Pun, dari tujuan inilah akan terlihat sampai sejauh mana keseriusan kita untuk ngeblog. Dan jika tujuan kita jelas dan kokoh untuk memulai ngeblog. InshaAllah tujuan inilah yang akan menuntun kita kembali untuk ngeblog, jika suatu saat terhenti.

2. Memilih Nama Domain yang Kita Banget

Nama domain adalah sebuah nama yang akan sering disebut dan ditulis di mana-mana. Sebaiknya, carilah nama domain yang catchy sehingga saat orang mendengarnya saja sudah sangat penasaran terhadap isinya. Selain itu, usahakan nama domain yang dipilih itu kita banget dan selaraskan dengan pembahasan dalam blog. Intinya, pikirkan sebuah nama yang mudah diingat, tidak terlalu panjang, dan nama itu kamu banget. Teorinya mudah diucapkan, tapi saya yakin prakteknya tidak semudah itu. Jadi, kita bisa juga meminta saran kepada orang yang lebih berpengalaman untuk menemukan nama yang tepat.3. Memilih Topik Pembahasan Blog

Dalam hal ini, kita ingin memfokuskan blog kita untuk membahas seputaran tema apa. Misalkan tentang pendidikan, kesehatan, cerita perjalanan dan lain sebagainya. Jenis blog pun dapat dibagi menjadi dua berdasarkan topik yang dibahas. Pertama, blog yang membahas satu topik khusus dengan sub topik yang masih ada kaitannya. Misalnya, blog yang topik besarnya tentang travel dan sub topiknya adalah fotografi. Kedua, blog yang isinya membahas banyak topik sekaligus. Kita bisa memilih yang sesuai dengan diri kita, memilih yang kita sukai. Agar tetap konsisten dan ada dorongan untuk terus berkarya.

Pada bagian ini pun terjadi diskusi seru yang menghasilkan dua poin penting. Pertama, peta konsep topik dan sub topik penting untuk dibuat. Agar si pemilik blog tidak kehabisan bahan untuk ditulis. Kedua, penting untuk setiap blogger memiliki blogpost planner, agar tidak hanya topik yang terkonsep tapi juga posting artikel pun terjadwal rapi. Pun juga sebagai alarm sebagai pengingat dan penyemangat di waktu kehilangan mood menulis.

4. Memilih Penyedia Layanan Blog yang kita banget

Ada banyak penyedia layanan blog seperti wordpress, blogspot, tumblr, blogdetik, dan lainnya. Pilih yang sreg di hati. Jika kita baru pertama membuat blog, baiknya cari di internet tentang kekurangan dan kelebihan masing-masing penyedia layanan.

5. Segera Beraksi

Dari beberapa teori yang dipaparkan di atas, point terakhir ini sebagai pamungkas. Ya, segeralah memulai. Karena teori tidak ada gunanya jika tidak kita lakukan.

Prinsip Menjadi Blogger

            Selain langkah dasar menjadi blogger, hal yang dibahas dalam kelas pertama dalam Komunitas Blogger Semut adalah tentang prinsip blogger. Menurut saya, prinsip ibarat akar dari suatu tumbuhan. Tanpa prinsip, pasti tumbuhan akan mudah tumbah. Pun seorang blogger tanpa prinsip, perlahan akan tumbang dengan sendirinya.PRINSIP NGEBLOG

  1. Totalitas dalam Ngeblog

Mengingat pepatah kekinian, “jika sudah basah, sekalian berenang saja biar sehat dan juga olahraga”. Maksudnya, dalam ngeblog sebaiknya kita tidak hanya asal jalan. Tapi harus fokus dan konsisten jika ingin sukses

  1. Perlakukan Blog sebagai Ladang Bisnis

“Kalau ngeblog jadikan sebagai bisnis. Kalau kita sudah beranggapan blog sebagai bisnis, pasti kita akan bersungguh-sungguh. Dan hasilnya pasti akan terlihat jika kita bersungguh-sungguh,” tutur Pak Teguh Sudarisman, travel writer yang sudah ternama.

  1. Terus Berbagi

Sesuatu yang menurut kita kecil, sepele, dan tidak bermanfaat mungkin akan sangat berarti bahkan mengubah hidup orang lain. Itulah kenapa baiknya kita bagikan kepada orang lain. Seperti yang dikatakan Aji Prasetyo, seniman Kota Malang bahwa fitrah blog adalah berbagi dan menyebarkan informasi. Konsisten dan buatlah karya yang bermanfaat bagi orang lain.

  1. Berkontribusi Positif bagi Kemajuan Indonesia

Terkait poin ini, ada tiga fakta mengenai internet yang harus kita perhatikan. Pertama,

Negara kita masuk peringkat ke-enam pengguna internet di dunia (medanbisnisdaily.com)

Kedua,

Usia produktif, 18-25 tahun dan merupakan 49% pengguna internet adalah usia produktif (liputan6.com)

Tiga,

Kenyataan bahwa internet bisa menjadi pisau bermata dua. Artinya, penggunaan internet bisa berefek negatif dan positif.

Sehingga, salah satu solusi yang bisa ditawarkan seorang blogger adalah memerangi dampak negatif internet. Dengan apa? Tentu saja dengan menulis konten-konten positif yang tentunya akan berdampak baik bagi kemajuan Indonesia.

Baca Artikel Lainnya :

Menjadi Blogger : Alasan, Mimpi, dan Harapan

Ritual  Tulude : Ajarkan Move On di Tahun Baru

 

Advertisements

6 thoughts on “1st  Class Blogger Semut : Dasar-Dasar Menjadi Blogger

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s